Monday, February 23, 2009

Tips Mencegah dan Mengobati Migran

Hari ini saya hanya ingin mencoba untuk berbagi pengalaman apa yang dulu sering saya alami dengan penyakit yang sudah tidak asing bagi kita dan sering sekali terdengan di telinga. Saya bukanlah seorang dokter ato ahli medis, saya hanyalah seorang karyawan dibidang Telkomunikasi yang ingin sekali berbagi pengalaman dengan teman-teman sekalian, dan mudah-mudahan pengalaman saya ini akan ada manfaatnya dan bisa diterapkan dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.

Ceritanya begini.., beberapa tahun yang lalu (kira 4 taon) saya sering sekali terkena Migran (sakit kepala gak tau sebelah ato seluruh ya), sakit ini datangnya kira-kira 3x dalam seminggu dari sore hari hingga malam, apalagi kalo datang libur hari sabtu dan minggu bisa dipastikan kesorean harinya ato malam harinya kepala saya akan terasa sakittttt sekaleeee…. bener-bener gak enak banget euyy… n setiap libur dah pasti gak enak tuh bikin suasana jadi gak nyaman. Akhirnya kalo sakit saya mengkonsumsi obat yang biasa dijual di warung (namanya Para***), pokoke setiap kali Migran datang saya selalu konsumsi obat ini n hasilnya lumyan tokcer juga tuhh… Tapi lama kelamaan saya jadi berfikir, masa setiap kali saya migran harus konsumsi obat teyuss… ohh god…. so berarti seminggu bisa 5-6 tablet di konsumsi, wah bisa jadi apa badan ini kalo seumur hidup makan obat mulu ya? (buat temen2 yang sering konsumsi obat teyuss pls dehh… STOP Sekarang juga kecuali kalo emergency).

Hari demi hari setiap Migran datang saya mencoba untuk melawan secara alami dan saya semakin penasaran sebetulnya ap sih penyebab penyakit yang menyebal kan iki (sebel bgt dlm ati gue). Setiap Migran menyerang, saya langsung berfikir dan merunut lagi saya tadi abis ngapain trus dah makan ato belum? pas bangun tidur mendadak ato gak? ato tadi dari luar ato gak?. Dan ternyata setelah saya analisa, ada bebrapa faktor penyebabnya :

1. Terlambat makan (makan tidak teratur) hal ini akan menyebabkan perut kosong n terisi dengan Angin.

2. Kurang Tidur, ini mengakibatkan syaraf jadi tegang.

3. Stress alias syaraf2 tubuh tegang.

Dari pengalaman ini saya akhirnya mentimpulkan bahwa Penyebab Migran adalah alirah darah yang tidak lancar dikarenakan Kraa perut ato syaraf2 tegang (pantesan dokter sering bilang jangan STRES ya.. :)

Kalo penyebab saya dulu adalah Perut sering keram karena kosong, kurang tidur dan kena sinar matahari. Inti dari semua ini adalah suply oksige ke otak yang tidak lancar disebabkan aliran dara yang tidak lancar dan syaraf2 tegang karena stress.

Ada beberapa Terapi untuk mencegah serta mengobati Migran tersbut :

  1. Konsumsi Air Mineral dengan cukup secara teratur tapi tidak diminum segaligus, beguna untuk menambah kandungan oksigen di dalam tubuh (kali ya :)
  2. Latih pernafasan perut, Cara2 latihan pernafasan adalah Tarik nafas perut sedalam2nya kemudian di tahan hingga 10 detik dan kemudian di hembuskan lagi secara perlahan (semakin pelan semakin baik). lakukan terapi ini berulang kira2 2x sehari selama 5-10 menit ato mungkin pada waktu sedang buang air besar akan lebih baik lagi atao sedang duduk. karena terapi ini akan membantu mengeluarkan angin yang mengendap di dalam perut sehingga perut tidak keram lagi dan buang air besar menjadi lancar. Tetapi ingat melakukannya harus dengan perasaan santai, RELAX dan benar2 menikmati reaksi2 yang terjadi di dalam perut. Ingat pada saat melakukannya dahi jangan berkerut, rasakan dengansantai dan eperti relaks.
  3. Mengendorkan Otot-otot baik otot leher, pinggang ataupun bahu. Caranya seperti yang pernah dilakukan senam jasmani dulu tetapi harus benar2 di rasakan dan di nikmati patahan2 otot tadi serta dengan kerutan dahi yang dilenturkan (gak usah pake mikir). Intinya angin diperut harus dikeluarkan.
  4. Usahakan setiap hari dahi jangan di kerutkan itulah yang menyebabkan saraf stress sehingga aliran darah tidak lancar. Pegalaman saya kalo keluar rumah (kena sinar matahari) cepat sekali terserang migran karena tanpa sadar pada saat terkena sinar matahari dahi saya pasti akan berkerut.
  5. Menggeliat senikmat mungkin, tanpa kita sadari kita sering sekali menggeliat tapi ternyata ada makna didalamnya. Usahakan menikmati pada saat kita menggeliat dan rasakan senikmat- kenikmatannya pada saat itu seperti perasaan aliran darah mengalir keseluruh tubuh dan pergerakan otot2 yang lentur.
  6. Usahakan Buang air kecil dan Besar sebanyak2nya. Dengan mengkonsumsi air mineral yang cukup biasanya akan dibarengin dengan buang2 air kecil, ini sangat bagussekali membantu dalam mengeluarkan angin di dalam kantung kemih.
  7. Jangan mendendam, ini akan membuat kita berfikir terus menerus sehingga sarat selalu tegang. sangat rentatn sekali terkena migran.
  8. Biasakan berfikir dengan tidak mengerutkan dahi akan lebih terasa lebih relaks.

Baik lah teman, saya menulis ini bukanlah untuk menggurui atopun menyesatkan tapii inihanya sharring pengalaman dan mudah-mudahan tips2 ini ada manfaat buat temans semua dan bila ada tulisan yang tidak cocok ataupun kurang berkenan mohon dimaafkan saja karena tujuan saya disini hanya bagi2 pengalaman yang lumayan menyiksa saya dulu.

Setelah saya renungkan, sepertinya tips saya tadi ada hubungannya dengan teknik pengobatan cina seperti meditasi, yoga eperti senam.

Oke temans… selamat mencoba dan menerapkanya dalam hidup sehari2 mudah lebih sehat dan jauh dari migran.

No comments:

Post a Comment