Wednesday, February 18, 2009

Perbedaan Kembung dan Sakit Maag

Saya mengutip dari tanya jawab dalam suatu seminar tentang kesehatan dimana pengalaman atau informasi bermanfaat bagi kita semua,amiiin..


Pertanyaan 1
apa yang dimaksud dengan kembung?

Jawab
Kembung adalah terperangkapnya gas/udara dalam jumlah yang berlebihan didalam saluran pencernaan. Gas/udara yang terperangkap tersebut terbentuk gelembung-gelembung kecil, jumlahnmya banyak dan sulit dikeluarkan. Gelembung-gelembung gas/udara terdapat disepanjang saluran pencernaan dan terutama banyak terdapat di lambung.

Pertanyaan 2
Apa penyebab kembung?

Jawab
Adanya Gas/udara disaluran cerna dapat disebabkan secara langsung karena angina/udara ikut masuk kelambung saat merokok berlebihan, tertawa/teriak-teriak, minum-minuman bersoda dan akibat makan-makanan yang memudahkan pembentukan gas seperti kol, bawang, nangka, alpukat dan sebagainya. Ada pula factor lain seperti keluar malam, kurang tidur, stress, makan tidak teratur, minum kopi berlebihan dan sebagainya.

Pertanyaan 3
Apa Saja Gejala Kembung Itu?

Jawab
Disamping rasa penuh dan tidak nyaman di perut, karena banyak Gas/udara didalam saluran pencernaan yang antara lain ditandai perut berbunyi bung-bung-bung bila ditepuk-tepuk, juga sering disertai bersendawa (bahasa jawa : glege’en), sering buang gas (kentut), rasa mual, dan nafsu makan menurun/hilang. Biasanya keadaan ini sangat menyiksa. Aktifitas kita dapat terganggui.

Pertanyaan 4
Apa beda kembung biasa dengan Sakit Maag?

Jawab
Kembung biasa sangat berbeda dengan sakit maag. Sakit maag disebabkan oleh asam lambung berlebihan yang dapat mengakibatkaniritasi dan atau luka dilambung, karena itu sakit maag disertai rasa perih/pedih. Sedangkan kembung biasa disebabkan oleh banyaknya Gas/udara yang terperangkap dalam saluran pencernaan di dalam perut. Gejala perut kembung biasa mirip dengan gejala sakit maag sehingga banyak penderita yang mengira menderita sakit maag padahal sebenarnya Cuma gejala kembung biasa, dan kembung biasa asam lambungnya tidak berlebihan sehingga pada perut kembung biasa tidak disertai rasa perih/pedih.

Pertanyaan 5
Bagaimana cara yang benar mengatasi kembung?

Jawab
Untuk mengeluarkan gelembung Gas/udara yang terperangkap pada saluran pencernaan dapat diatasi dengan meminum khusus anti kembung yang mengandung simethicone dengan dosis tepat. Simethicone bekerja dengan cara menurunkan tegangan permukaan sehingga gelembung-gelembung mudah pecah dan Gas/udara mudah dikeluarkan dari tubuh, efektif dan cepat mengatasi kembung sehingga perut terasa nyaman.

No comments:

Post a Comment